Friday, November 4, 2011

Merekam Kaset Dalam Format MP3


Membuat lagu MP3 dari pita kaset ataupun merekam dari radio tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu merekamnya ke dalam komputer, lalu mengubah rekaman tadi ke file MP3. Cara perekaman dari tape recorder (kaset) ke komputer relatif sama dengan cara
merekam siaran radio AM atau FM ke komputer.

Sebelum melakukan perekaman dari pita kaset ke komputer, sebaiknya periksa dulu kondisi suara dari kasetnya. Pastikan suara dari kaset tersebut cukup bagus karena bila suara yang dihasilkan kaset tadi tidak maksimal, hasil rekamannya pun tidak maksimal. Untuk yang dari radio radio, pastikan saluran (channel) radio pas dan kualitas suara adalah yang paling baik saat perekaman. Biasanya, saat malam hari adalah saat yang tepat kalau ingin merekam siaran radio karena cuaca dan  udara sangat berpengaruh pada penerimaan gelombang radio. Komputer akan merekam suara yang dihasilkan oleh tape recorder tadi apa adanya. Jadi, bila suara pita kaset ataupun siaran radio tadi tidak tidak maksimal, file MP3 yang dihasilkan nantinya juga tidak akan maksimal. 

Selanjutnya, persiapkan jack 3.5 mm bolak-balik, yang berguna untuk menghubungkan colokan earphone ke colokan sound card.

Selanjutnya, siapkan software tools perekamnya, di artikel ini digunakan Software Audacity. Anda bisa bisa mengunduhnya secara gratis di http://audacity.sourceforge.net/ . Untuk ukuran gratis, tools ini cukup bagus, karena dia sanggup meredusi noise yang dihasilkan oleh tape recorder.
 
 
Menghubungkan tape compo dengan PC memang cukup mudah. Anda tinggalmencolokkan jack audio out RCA dari tape compo, bisa juga melaluicolokan headphone. Biasanya colokan yang berwarna biru (posisi di tengah) atau lihat gambar di samping ketiga colokan komputer sebagai petunjuknya. Ada output, input dan mik, colokkan ke input.

Konfigurasikan Line-In dengan mengklik dua kali icon speaker pada system tray atau klik Start > Control Panel > Sounds and Audio Devices. Klik tombol Advanced pada bagian Device Volume dari Control Panel Sounds and Audio Devices. 

Selanjutnya, hilangkan tanda Mute. Karena secara default Line-In dalam kondisi Mute Setelah proses koneksi tape compo ke komputer selesai, sekarang setting Preferens pada Audacity. Secara default, input recording dari Audacity adalah mono, bila ingin Anda bisa mengeset stereo.

Buka preferences dari menu Edit, pilih Preferences. Pada Audio I/O tab, perhatikan di bagian Recording, pada bagian Chanels, pilih 2 (stereo)
. Selanjutnya, periksa pada bagian inputnya, Anda bisa mengeset sebagai Line-In ataupun Stereo Mix.

Selanjutnya, masih pada Preference, pilih File Formats tab, Anda bisa bisa mengontrol output format untuk audio. Untuk menghindari insiden overwriting (penulisan ulang) pada file audio, pilih “Make a copy of the file before editing” dibawah “When importing uncompressed audio files” di dalam pilihan Audacity. Pilih WAV (Microsoft 16 bit PCM)  sebagai Uncompressed Export Format.

Setelah semua beres, mainkan musik dari tape compo, dan klik tombol Record pada Audacity. Bila Anda ingin merekam side A secara penuh, biarkan sampai semua lagu di sisi A habis. Hal ini tentu saja akan banyak memakan memori Anda. 

Nah, bila Anda merasa memori drive C kurang, Anda bisa memindahkan File Temp ke direktori lain.  Pada Preference, pilih Direktories tab. pada Location,   tentukan sendiri  letak File Temp. nya.

Setelah semua selesai, Anda tinggal memainkan musik dari tape recorder, dan tekan tombol record pada Audacity. Tunggu beberapa waktu sampai semua lagu pada kaset habis. Setelah selesai, tekan Stop.

Setelah proses recording selesai, Anda telah punya file Wave yang berisi semua lagu dari sisi A.  Dari sini Anda bisa memilah-milah untuk dijadikan potongan per lagu. Untuk memotongnya, mainkan lagu dari Audacity. 

Selanjutnya tandai setiap satu lagu selesai. Lalu copy dan cut. Untuk proses copy, Anda tinggal menandai awal dan akhirnya yang akan di copy. Untuk menandainya Anda tinggal mengklik dan geser sesuai lagunya dan pilih Copy pada menu Edit. Setelah itu, pilih New pada menu file, lalu pilih Paste pada menu edit.  

Sekarang Anda sudah mempunyai sebuah lagu yang siap dikonversikan ke MP3.

Untuk mengonversikan menjadi file MP3, Anda membutuhkan file LAME encoder. Tanpa File LAME ini, Audacity tidak bisa dikonversikan langsung ke file MP3. Untuk mendapatkan file LAME, Anda bisa mengunduhnya dari http://lame.sourceforge.net/

Bila Anda tidak mempunyai file LAME, file lagu tadi bisa langsung disimpan pada format WAV, selanjutnya Anda butuh tools yang bisa mengonversikan file WAV ke MP3 menggunakan WAV converter. Kalau saya menggunakan yang gratisan saja disini

Selanjutnya, lakukan proses pemilahan seperti di atas untuk setiap lagunya. Sekarang Anda telah mempunyai lagu MP3 dari pita kaset lama.


Selamat mencoba.




Sumber : Tabloid Komputek
Edisi : 488 Minggu ke-4 September 2006
Share

No comments:

Post a Comment